Save your files safely on dropbox

Save your files safely on dropbox
Dropbox is a service application online place to store various files. Not only small files even large files can we save without signing in to your account or website.

Dropbox dan Kegunaannya

Selamat sore semuanya.
Kali ini saya ingin berbagi tentang dropbox dan kegunaanya.
Sesuatu yang tidak asing bagi Anda yang sudah tahu dan sudah memanfaatkannya tetapi bisa jadi hal yang menarik bagi Anda yang belum mengenal apa itu dropbox.

Dropbox merupakan aplikasi layanan tempat menyimpan secara online berbagai macam file. Bukan hanya file-file kecil bahkan file yang berukuran besar pun dapat kita simpan tanpa harus masuk dulu ke akun atau website.

Untuk akun gratis kita diberikan ruang 2 (dua) GB untuk menyimpan berbagai macam file. Sedangkan jika Anda ingin memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas lagi Anda bisa undang teman atau siapa pun untuk sama-sama memanfaatkannya atau bisa juga mengupgrade akun Anda menjadi Pro (berbayar).

Setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel atau device lainnya yang memakai aplikasi dropbox dengan akun yang sama tentunya.

Dengan dropbox, kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat dikomputer kantor tanpa harus membawanya melalui flashdisk ke komputer rumah atau sebaliknya.
Setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget yang memakai akun dropbox yang sama atau sudah tersinkronisasi.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari aplikasi dropbox ini adalah dengan satu aplikasi saja kita bisa menggunakan 2 (dua) akun yang berbeda dengan Folder penyimpanan  yang berbeda pula. Satu akun untuk bersama dan satu akun pribadi dan tentu seseorang tidak bisa melihat atau membuka Folder Pribadi kita karena akan diminta password jika dibuka di perangkat lain.


Dengan dropbox, banyak pekerjaan yang bisa dipermudah. Dan dengan dropbox sharing data bisa lebih cepat. Bagi Anda yang belum memanfaatkan dropbox saya sangat merekomendasikan ini. File Anda akan tersimpan aman di sini sekalipun perangkat komputer Anda mengalami kerusakan, hilang atau mungkin tertinggal di tempat lain.



Untuk memulainya Anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu.
Silahkan buat akun dropbox DISINI***

Cara Install dan Menggunakan Dropbox

Setelah Anda memiliki akun, berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi dropbox yang biasanya unduhan akan muncul secara otomatis saat kita membuat akun.

Setelah selesai mengunduhnya silahkan klik kanan pada file hasil unduhan dan pilih “run as administrator”.


Pilih bagian “I already have Dropbox account“, setelah kita mendaftar sebelumnya. Lalu login dengan akun yang Anda buat.



Install Dropbox seperti Anda menginstall program kebanyakan, simpan dropbox di C:, atau pilih “Typical, setup dropbox with normal setting“.



Cara Menggunakan Dropbox dan Setting Dropbox

Setelah berhasil menginstall Dropbox, kita bisa menambahkan folder dan berbagi dengan teman kita tanpa harus melakukan copy paste link.

Yang kita lakukan hanya meng-invite teman yang mau kita ajak ke folder kita, lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman yang kita invite. Dengan syarat teman anda memakai Dropbox dan online.
Untuk berbagi folder caranya, login ke website Dropbox. Lalu anda kita buat sebuah folder di sana, maka folder akan otomatis ada di komputer yang sudah tersinkronisasi aplikasi Dropbox.

Klik kanan folder itu maka akan ada beberapa pilihan, pilih Shared folder options. Masukan email Dropbox teman kita, begitu teman kita menyetujuinya maka kita sudah tersinkronisasi dengan teman kita.

Lalu bagaimana caranya untuk berbagi file tanpa harus share folder atau copy paste link, contohnya seperti mediafire?
Hebatnya Dropbox bisa melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan dan meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct).
Caranya, kita tinggal taruh file kita di folder Public public_folder. Lalu kita klik kanan file yang simpan dan pilih Dropbox > Copy public link.
Selain fitur sharing, dropbox juga bisa digunakan untuk menghost website statis.

Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu khawatir lagi jika hardisk kita tiba-tiba rusak. Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan di sana akan tetap aman. Yang paling saya suka, dropbox memberikan fasilitas undo untuk mengatasi bila mana file yang Anda simpan tidak sengaja terhapus.

Terima Kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima Kasih telah mampir diblog ini.
Silahkan sampaikan komentar dan masukan Anda.