Cara Vlookup Foto atau Gambar di MS. Excel

Cara Vlookup Photo atau Gambar di MS.Excel

Postingan kali ini, saya ingin kembali berbagi pengalaman.
Saya pernah, karena suatu kebutuhan ingin tahu dan bisa cara Vlookup photo atau gambar di MS.Excel 2007. Saya cari di Google, dan tentu banyak sekali postingan yang bisa saya buka, saya pelajari dan saya praktekkan. 

Hanya saja mungkin karena saya termasuk seorang pemula yang tidak memiliki basic yang memadai untuk itu, terus terang saya merasa kesulitan untuk dapat mengikuti tutorial yang disajikan oleh para Blogger berpengalaman. 

Yang ada hanya pusing tujuh keliling karena setelah mengikuti berbagai macam langkah demi langkah tapi hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dari mulai yang tidak berjalan sama sekali, ada juga yang lumayan berjalan Vlookupnya tetapi photonya tampak tidak sempurna, bahkan pernah juga Vlookupnya berjalan bagus tetapi ketika saya lihat di print preview photonya sama sekali tidak ada (tidak muncul ketika diPrint).

Hingga akhirnya saya mendapat pelajaran tentang hal ini dari sebuah vidoe tutorial yang diunggah di Youtube. Satu cara yang cukup simpel sehingga bisa saya ikuti dengan memberikan hasil seperti yang saya inginkan.

Khusus buat sesama nubie yang berkemauan keras, silahkan ikuti jurus-jurusnya he he he.

Pertama

Buka Workbook dan buatlah tabel seperti berikut di Sheet 1 :


Kemudian pada Sheet 2 buatlah tabel seperti berikut :
  

Ubah nama Sheet2 dengan nama "Data Asal"
Kemudian pada Sheet3 buatlah tabel seperti berikut :


Dan ubah nama Sheet 3 dengan nama "Photo" . Pada column A isi dengan No. Peserta sedangkan di Column B2 insertkan photo yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Photo yang akan diinsert sebaiknya sudah diedit dulu agar tidak terlalu besar ukurannya, sama lebar dan tingginya.

Untuk mengubah ukuran photo dalam jumlah banyak kamu bisa baca Cara Mengubah Ukuran Photo Sekaligus.

Insert photo diawali dengan mengklik sel B2 kemudian klik Insert dan klik Picture akan muncul dialog Insert Picture kemudian cari file, klik dan insert.


Jangan lupa sebelum insert photo, ubah dan sesuaikan ukuran column dan Row agar cukup untuk photo.

Untuk sekedar latihan, isi sel - sel di bawahnya dengan photo lain dengan cara yang sama sebanyak yang kamu suka.

Selanjutnya klik sheet 1, klik tab Formulas dan klik Name Manager.

Akan muncul dialog New Name, isi Name dengan "Pict1" tanpa tanda petik, sedangkan Refers To isi dengan "=INDEX(Photo!$B$1:$B$4;MATCH(Sheet1!$B$2;Photo!$A$1:$A$4;0))" tanpa tanda petik.



Setelah itu buka Sheet1. Vlookup dulu Sel B1 =VLOOKUP(F2;'Data Asal'!A5:D12;2)
dan C1 =VLOOKUP(F2;'Data Asal'!A5:D12;3) seperti biasa.

Klik Tab Developer, klik Insert, klik Picture (lihat gambar)


Arahkan cursor pada Sel D1, tarik hingga membuat kotak yang sekiranya mencukupi untuk photo.
Kemudian ganti "=EMBED("Forms.Image.1";"")" dengan "=Pict1" tanpa tanda petik, klik enter.

Jika tidak ada kesalahan sampai langkah ini Vlookup sudah bisa digunakan, dengan mengetik angka 1 pada Sel F1 photo akan secara otomatis muncul di Sel D1 dan bisa kamu cek di Print Preview untuk memastikan apakah photo sudah muncul secara sempurna atau masih butuh perbaikan.

Sedangkan untuk mengisi Sel di bawahnya, kamu bisa melakukannya seperti langkah-langkah sebelumnya hanya "=EMBED("Forms.Image.";"")" ganti dengan "=Pict2" dan seterusnya.

Sekedar contoh silahkan download : Kartu Peserta Ujian Sekolah DISINI*

Catatan :
Jika di komputermu belum terlihat adanya Tab Developer, kamu bisa baca Cara Memunculkan Developer Tab di Excel 2007.

Terima kasih atas kunjungannya



1 komentar:
Write komentar
  1. maaf ka, waktu aku praktekin mau ganti formula imagenya: keterangannya:
    reffeencya is not valid. itu solusinya gmn yaa

    BalasHapus

Terima Kasih telah mampir diblog ini.
Silahkan sampaikan komentar dan masukan Anda.