Buku Petunjuk ATISISBADA

ATISISBADA adalah kependekan dari Aplikasi Teknologi Informasi Siklus Barang Daerah, merupakan Sistem Informasi Manajemen yang berfungsi dalam pengelolaan data dan informasi barang milik daerah secara on line.


ATISISBADA merupakan suatu software yang berlandasan hukum berdasarkan Permendagri No. 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2010. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 64 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, sebagai acuan dalam pengelolaan barang milik Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

ATISISBADA merupakan software yang berdasarkan 13 siklus yang diterapkan dalam pengadministrasi data, terdiri dari Siklus Perencanaan, Siklus Pengadaan, Siklus Penerimaan dan Pengeluaran, Siklus Penetapan, Siklus Penatausahaan, Siklus Pemanfaatan, Siklus Pengamanan dan Pemeliharaan, Siklus Penilaian, Siklus Penghapusan, Siklus Pemindahtangan, Siklus Pembiayaan, Siklus Ganti Rugi dan Siklus Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian. ATISISBADA merupakan software yang dibangun dengan Flatform OpenSource dengan menggunakan Operating System Linux dan DataBase MySQL. Bahasa Pemograman untuk pengembangan sistem adalah bahasa program php, JavaScript dan Ajax.



Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, IndosatNet, TelkomFlash, dsb. Jaringan komputer yang digunakan pada
ATISISBADA adalah jaringan internet, dengan skema jaringan seperti gambar di bawah ini :


Komputer Server ATISISBADA disimpan di 2 lokasi yaitu di Biro PBD sebagai Server Backup dan di Provider/ISP sebagai server utama dan server database. Untuk dapat mengakses ATISISBADA seluruh SOPD harus menggunakan modem internet. Kecepatan untuk dapat mengakses aplikasi ATISISBADA sangat bergantung kepada besarnya bandwidth internet yang kita sewa kepada ISP, semakin besar bandwidth yang kita sewa ke ISP maka akan semakin cepat untuk dapat mengakses
ATISISBADA.

ATISISBADA merupakan aplikasi berbasis internet, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Browser Internet. Beberapa aplikasi browser yang dapat digunakan adalah Mozilla Firefox, Google Crome dan Internet Explorer.
Saran : sebaiknya menggunakan browser Mozilla Firefox. Cara Menjalankan ATISISBADA
1. Jalankan Aplikasi Browser Internet (Mozilla Firefox) dengan mengklik shortcutnya atau klik start       Æ All Program Æ aplikasi Browser (sebagai contoh Mozilla Firefox)
2. Klik alamat web atau url pada aplikasi browser tersebut : http://www.atisisbada.net

2 komentar:
Write komentar
  1. Sore Pak, saya boleh minta tolong nomor kontak pemilik aplikasi ATISISBADA gak Pak? Saya bekerja di Bidang Aset salah satu Pemkab di Provinsi NTT. Dan sedang berusaha mencari aplikasi yang lebih baik dari aplikasi yang kami gunakan saat ini. Jika berkenan, bisa kontak saya di no WA 081395957920 (Hans). Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore.....maaf baru bisa balas. Saya hanya pengguna dari aplikasi itu dan tidak memiliki kontak dengan pemiliknya. Sudah saya usahakan tapi tidak berhasil, mohon maaf saya tidak bisa membantu. Terima kasih.

      Hapus

Terima Kasih telah mampir diblog ini.
Silahkan sampaikan komentar dan masukan Anda.